Pengaruh Pendidikan Kesehatan Tentang Bahaya NAPZA Terhadap Tingkat Pengetahuan Remaja
Abstract
Pendidikan kesehatan merupakan proses perubahan perilaku yang dinamis dimana perubahan tersebut bukan sekedar proses transfer materi/teori dari seorang ke orang lain dan pula seperangkat prosedur, tetapi perubahan tersebut terjadi karena adanya kesadaran dari dalam diri individu, kelompok, atau masyarakat sendiri. NAPZA adalah (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) merupakan bahan/zat/obat yang apabila masuk kedalam tubuh manusia bisa mempengaruhi tubuh terutama pada otak/susunan saraf pusat, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosialnya karena terjadi kebiasaan, ketagihan (adiksi) serta ketergantungan (dependensi) terhadap NAPZA. NAPZA sering disebut juga sebagai zat psikoaktif, yaitu zat yang bekerja pada otak, sehingga menimbulkan perubahan perilaku, perasaan, pikiran. Penelitian ini akan mencari tahu apakahterdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang bahaya NAPZA terhadap tingkat pengetahuan remaja di Ponpes Nurul Haramain NW Putra Narmada. Jenis penelitian yang digunakan adalah pra eksperimental. Hasil analisis uji Wilcoxon Test menunjukkan terdapat pengaruh pendidikan kesehatan tentang bahaya NAPZA terhadap tingkat pengetahuan remaja (p=0,000). Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendidikan kesehatan dapat meningkatkan pengetahuan remaja tentang bahaya menggunakan NAPZA